Translate

Tuesday, September 14, 2010

Membuat pakan benih Lele jumbo Alami

Mungkin sudah banyak yang mengetahui pakan benih lele jumbo yang alami, tapi mungkin juga banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membuat dan apa yang digunakan untuk pakan tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan Kuning Telur yang sudah direbus. Yang akan saya perkenalkan disini adalah MRUTU yaitu sejenis cacing berwarna merah dan memiliki ukuran yang sangat kecil yang timbul akibat pembusukan sampah - sampah organik yang terendam didalam air dan merupakan Pakan yang sangat bergizi dan alami bagi benih lele bahkan tanpa bahan pengawet (anti kedaluarsa). Mengapa saya mengatakan demikian, karena saya memiliki pengalaman membeli pakan isntant buatan pabrik, setelah seya memberi makan benih ikan tersebut beberapa menit kemudian ikan - ikan kecil saya mati semua, setelah saya amati ternyata pakan tersebut sudah kedaluarsa. Melalui tulisan ini saya ingin berbagi pengalaman dengan pengunjung blog kecil ini. Langsung aja, beberapa hal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

TEMPAT
- Kolam yang TIDAK berisi ikan sama sekali! Karena jika berisi ikan maka pakan yang akan kita buat tersebut akan langsung habis di makan ikan. Minimal Ukuran 2x2 meter untuk pakan benih lele dengan jumlah kecil. (sebenarnya ukuran tidak menjadi patokan, tergantung apakah kita akan membuat pakan dengan jumlah yang besar atau kecil.

BAHAN
- Serok (seperti jaring tapi dengan ukuran lubang yang sangat kecil, bahkan hampir tidak terlihat oleh pandangan mata. biasanya menggunakan kain yang sangat tipis)
- Isi air pada kolam tersebut secukupnya.
- Sampah Organik!

CARA MEMBUAT
- Buang sampah organik tersebut pada kolam yang berisi air tadi (kulit buah coklat, dedaunan, buah - buahan yang sudah membusuk, sisa makanan dan lain sebagainya). INGAT! JANGAN SAMPAI MENGANDUNG RACUN NON-ORGANIK!!!!
- Diamkan beberapa hari sehingga sampah mengalami pembusukan dan menghsilkan MRUTU, nah Mrutu ini yang nantinya akan kita jadikan sebagai pakan alami bagi benih bibit lele jumbo yang baru menetas tadi.
- Nah,,,, Serok tadi yang kita gunakan untuk menjaring MRUTU - MRUTU yang sudah hidup.
- Kumpulkan dan berikan pada benih Lele tadi, Insya ALLAH benih lele anda akan cepat besar dan sehat.

8 comments:

  1. makasih atas sarannya om. sangat bermanfaat bagi saya karena saya dirumah ternak lele jumbo juga. saya sering gagal karena pakan dari pabrik. sebelum saya kasih pelet ikan sehat tapi setelah kena pelet mati semua ikan saya.

    ReplyDelete
  2. iya sama sama mas, , , sering2 berkunjung....

    ReplyDelete
  3. makasih mas. pakan alami memang lebih menguntungkan dari pada pelet. pakan alami bergerak, sehingga ikan pun tertarik untuk memakannya. SUKSES untuk sharing2nya !

    ReplyDelete
  4. terimakasih Atas Info yang berharga ini, akan saya praktekan segera

    ReplyDelete
  5. @jonbudi, setuju!
    @carmadi, semoga berhasil mas, maaf baru sempat balas komentar anda....

    ReplyDelete
  6. Thank Infonya....
    Sangat bermanfaat, akan kami coba...

    ReplyDelete
  7. Mas..serok itu gunanya untuk menutup bagian atas kolam bukan ya?

    ReplyDelete
  8. memang... local wisdom itu gak boleh dihilangin...
    (pace... ko barang ni berkembang juga e.)

    ReplyDelete

Please leave your comment and follow this blog if you like this posting....